Yuk, Isi Puasa dengan Kegiatan Positif

KOMPAS.com – Menahan haus dan lapar pada saat puasa bukan berarti tak bisa melakukan kegiatan sehari-hari secara maksimal. Singkatnya, berpuasa bukan halangan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Jika kita bermalas-malasan, tubuh akan semakin lemas.

Lalu, kegiatan seperti apa yang sebaiknya dilakukan? Pastinya kegiatan itu haruslah positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang. Bertadarus dan meng-khatamkan Al Quran jelas menjadi salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Maklum, dengan ganjaran pahala yang berlipat, Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah, salah satunya membaca Al Quran.

Selain itu, di waktu senggang Anda juga bisa mempraktikkan resep-resep makanan ringan yang tersimpan di lemari untuk dijadikan penganan berbuka puasa. Agar lebih berkah dan banyak orang yang bisa menikmati hidangan hasil karya ANda, tak ada salahnya mengirimkan kue atau camilan tersebut ke masjid terdekat untuk dijadikan takjil untuk bisa dinikmati jemaah atau musafir yang kebetulan sedang berada di masjid.

Menambah pengetahuan dengan membaca buku, khususnya buku-buku agama juga sangat disarankan. Dengan begitu, ilmu agama yang kita miliki akan semakin bertambah dan tentunya akan menambah wawasan yang lebih luas tentang agama. Termasuk di dalamnya mendengarkan ceramah atau kuliah subuh.

Mengingat kebersihan adalah sebagian dari iman, tak ada salahnya jika Anda mengajak anggota keluarga lainnya bergotong royong membersihkan rumah. Bukan hanya sekedar menyapu atau mengepel rumah. Bila perlu lakukan juga pengecatan rumah agar terlihat lebih bersih dan bersinar sehingga saat Lebaran nanti rumah tampak bersih dan indah. Para tamu dan kerabat pun pastinya akan merasa lebih betah dan kerasan berada di rumah yang bersih dan apik.

Nah, dengan adanya berbagai kegiatan yang positif seperti ini, puasa Anda akan erasa lebih bermakna. Haus dan lapar pun tak menjadi masalah jika diisi dengan aneka kegiatan positif yang bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Posted on 11 Agustus 2012, in Ramadhan, Tips and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: