Jangan Tunda Tugas Studi Anda!

JAKARTA, KOMPAS.com – Memilih strategi yang tepat untuk belajar memang tak mudah. Ada yang beranggapan, belajar setiap malam atau setiap hari akan memudahkan dalam mengingat pelajaran yang telah diterima. Ternyata, cara itu bukanlah strategi terbaik.

Belajar di tempat yang tenang adalah pilihan menarik dan penting. Mengapa? Karena Anda dapat meminimalisir gangguan yang bisa mengganggu konsentrasi belajar. Misalnya, dengan tidak mendengarkan musik dan menonton televisi. Meski beberapa orang mampu melakukan dua hal sekaligus, di mana salah satunya adalah belajar.

Lantas kapan sebaiknya Anda belajar atau melakukan pekerjaan rumah? Setidaknya, ada dua alasan yang baik untuk melakukan pekerjaan rumah Anda sesegera mungkin dan tidak menundanya sampai malam hari:

1. Siang hari. Meski mungkin Anda dilanda kelelahan setelah mengikuti kegiatan sekolah atau perkuliahan, alangkah lebih baik menyelesaikan semuanya hingga tuntas. Jika menundanya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki satu atau dua tugas yang menumpuk yang akan membawa Anda jauh lebih lama mengerjakan daripada yang seharusnya.

2. Jika Anda memulai lebih awal mengerjakan pekerjaan rumah dan melakukannya sebelum bersantai, Ada memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas yang lebih sulit. Jika belum selesai, berarti juga Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan hal lain yang sifatnya lebih santai dan membuat rileks.

Prinsip umum belajar seperti ini adalah jangan makan hidangan penutup Anda diawal! Anda akan lebih nikmat dan santai menikmati waktu tenang Anda, jika sudah menyelesaikan segala tugas sebelumnya.

Posted on 26 Agustus 2012, in Education, Tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: