5 Hal Penting Saat Memilih Universitas

KOMPAS.com — Sudah memiliki jurusan atau bidang yang Anda minati untuk kuliah? Itu belum cukup. Anda juga perlu memilih universitas yang tepat untuk belajar bidang studi tersebut.

Pasalnya, tak semua universitas dengan bidang studi tertentu memiliki kualitas yang tepercaya. Anda harus cakap memilihnya. QS Top Universitiesberbagi lima hal penting yang harus diperhatikan saat memilih universitas. Apa saja?

1. Peringkat universitas
Informasi tentang pemeringkatan perguruan tinggi perlu diketahui jika Anda bertujuan untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia maupun di dunia. Cobalah cari pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan jurusan yang memang Anda tuju.

Namun ingat, pemeringkatan ini sifatnya dinamis. Selain peringkatnya, Anda perlu memastikan metodologi dan indikator pemeringkatan tersebut. Ini juga berguna untuk mencocokkan indikator pemeringkatan dan kriteria perguruan tinggi yang memang ingin Anda tuju.

2. Sistem penilaian
Sistem penilaian atau rating untuk suatu perguruan tinggi akan membantu Anda membandingkan institusi pendidikan yang berbeda. Biasanya, penilaian disertai dengan informasi detail mengenai keunggulan dari suatu perguruan tinggi dan program studi yang ada di dalamnya.

3. Pendapat para ahli
Peringkat dan sistem penilaian atau rating biasanya diperkuat oleh pendapat para ahli. Coba temukan artikel yang ditulis oleh orang-orang yang memang tahu banyak tentang pendidikan tinggi dan bersedia memberikan masukan dan prediksi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan tertentu.

Semuanya bisa ditemukan dengan mudah di internet, termasuk juga Twitter. Sediakan waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan karena itu akan memengaruhi pilihanmu nantinya. Selain itu, manfaatkan jaringan dengan para alumninya untuk memeroleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai program studi dan universitas yang ingin Anda tuju.

4. Pameran pendidikan
Jika universitas yang Anda tuju menggelar pameran pendidikan, tentu Anda wajib menghadirinya. Hadir dalam ajang ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengetahui seperti apa kehidupan di universitas tersebut, bagaimana proses untuk masuk dan tentu saja untuk menjawab segala pertanyaan Anda yang belum terjawab.

5. Petunjuk lokasi
Jika Anda berencana kuliah di luar kota, atau bahkan luar negeri, proses seleksi perguruan tinggi juga perlu mencakup riset kecil mengenai lokasi dan lingkungan sekitarnya.

Perhatikan lingkungan di sekitar kampus, termasuk tempat tinggal dan fasilitas penunjang kehidupan sehari-harinya. Ini termasuk faktor X yang akan memengaruhi prestasi Anda nantinya di bangku kuliah. Jika Anda memilih studi ke luar negeri, pikirkan cuaca, seperti suhu, di daerah tersebut. Pikirkan juga kemampuan Anda berbahasa lokal.

Jadi, sudah yakinkah Anda dengan pilihan universitas Anda sekarang?

Posted on 21 Mei 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: