5 Tips Tidur Selama Bulan Ramadan

Ilustrasi seorang remaja putri sedang tidur.Selama ini, telah banyak riset yang membuktikan bahwa pola tidur yang buruk, memberikan pengaruh yang signifikan pada menurunnya produktivitas dan kesehatan.

Apalagi di bulan Ramadan ini, kaum muslim melakukan sahur pada pagi hari sekitar pukul 3 – 4 dini hari. Tentunya, waktu tidur yang idealnya 8 jam setiap hari menjadi sulit terpenuhi.

Guna menghidari kondisi kurang tidur, berikut lima tips menjaga pola tidur di bulan Ramadan dari Maria Margaretha, Medical & Scientific Dept. Head SOHO Group.

1. Geser jam tidur di malam hari
Usahakan untuk tidak begadang saat bulan puasa, apabila memungkinkan segeralah tidur setelah salat tarawih. Misalnya jam 9 selesai, usahakan langsung tidur. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengurangi jam tidur.

Jika sebelum bulan puasa Anda memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan sepulang kantor hingga malam hari, maka sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan terlebih dahulu. Ini dilakukan agar jam tidur Anda tetap tercukupi untuk beraktivitas keesokan harinya.

2. Tidur setelah sahur
Sempatkan untuk tidur walaupun hanya sebentar saat setelah sahur. Hal ini penting untuk mencegah tubuh menjadi ngantuk saat berkendara menuju tempat kerja.

Selain itu, rasa mengantuk juga menjadi penyebab meningkatnya angka kecelakaan saat berkendara. Sehingga ada baiknya untuk menyempatkan tidur setelah makan sahur.

3. Tidur siang
Sempatkan juga untuk tidur siang di sela-sela waktu istirahat, misalnya setelah salat zuhur. Meskipun terlihat beberapa menit tidak berpengaruh, nyatanya menyempatkan tidur selama lebih kurang 20 menit justru memberi pengaruh yang luar biasa terhadap tubuh.

4. Lakukan peregangan
Meregangkan badan dapat membantu kerja aliran darah ke seluruh tubuh, terutama pada bagian kepala. Lakukan peregangan secara teratur.

Anda bisa meregangkan tubuh dengan cara yang sederhana ditambah memberi pijatan pada area kepala dan juga wajah. Lakukan hal tersebut paling tidak satu jam sekali.

5. Jangan hanya diam di tempat
Aktivitas yang hanya memungkinkan Anda untuk diam di tempat memandang layar komputer hanya akan membuat rasa kantuk semakin menjadi. Selain melakukan peregangan, Anda bisa sedikit berjalan-jalan di sekitar area kantor.

Sumber

Posted on 21 Juli 2013, in Ramadhan, Tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: