Sah! UN Tetap Dilaksanakan

Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)JAKARTA – Konvensi Ujian Nasional (UN) menyepakati jika ujian nasional tetap dilaksanakansebagai sarana untuk mengukur prestasi belajar siswa.

Hal ini Sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 (jo. PP 32 tahun 2013) tentang Standar Nasional Pendidikan, di mana hasil UN digunakan untuk pemetaan, sarana seleksi untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta pembinaan.

“Disepakati, dalam Konvensi ini jika UN tetap dilaksanakan,” tutur Wamendikbud Musliar Kasim, saatpenutupan Konvensi UN, di Gedung Kemendikbud, Jumat (27/9/2013).

Menurut dia, Konvensi UN yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 26-27 September 2013 bertujuan untuk mencari model penyelenggaraan yang kredibel, reliabel, dan akuntabel.

Adapun Konvensi UN dihadiri oleh perwakilan dari berbagai kelompok yang antara lain guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah negeri dan swasta, LSM pendidikan dan masyarakat peduli pendidikan, dewan pendidikan dan komite sekolah, serta asosiasi yang bergerak di bidang pendidikan.

“Di samping itu, ada pula perwakilan dari dinas pendidikan dan dinas agama baik di tingkat pusat, provinsi, serta kabupaten/kota juga hadir,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kemendikbud masih akan mempertahankan UN sebagai penentu kelulusan siswa. Hal tersebut terungkap pada hari terakhir Konvensi UN. Ketika menutup konvensi, Musliar Kasim menyatakan, sekolah sudah mempunyai standar kompetensi siswa sesuai dengan syarat ketentuan lulus (SKL). Di luar itu, kita juga perlu mengukur dan menetapkan standar nasional, salah satunya melalui UN.

Sumber: okezone.com

Posted on 29 September 2013, in Education and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: